Berita / Event / Artikel

Pertumbuhan Koperasi Ditarget 5% per Tahun

Pemerintah menargetkan pertumbuhanjumlah koperasi setiap tahun hingga tahun 2014 mencapai 5% dari jumlah saat ini sebanyak 170.000 unit yang diagendakan melalui Gerakan Masyarkat Sadar Koperasi (Gemaskop).
Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM RI, Untung Tri Basuki menyampaikan, peningkatan pertumbuhan tersebut dibarengi dengan peningkatan pertumbuhan lainnya yang terkait perkuatan eksistensi koperasi. Misalnya, peningkatan secara kuantitatif koperasi aktif, melaksanakan rapat anggota sebagai kewajiban tahunan, jumlah koperasi berkualitas, serta peningkatan jumlah anggotanya.
Kementerian Koperasi dan UKM RI menargetkan koperasi yang benar-benar aktif mencapai 85 persen. Adapun saat ini jumlah koperasi yang aktif tercatat tidak lebih dari 60 persen. Dengan demikian Kementerian Koperasi dan UKM RI akan mengoptimalkan kinerjanya mencapai target tersebut. Salah satu strategi yang akan dilakukan lembaga pemerintah pemberdayaan koperasi itu melalui perkuatan kapasitas SDM dan kualitas manajemen, perluasan usaha dan modal, dukungan teknologi industri, produksi dan pengolahan serta dorongan kemitraan sesama jejaring usaha.
Visi yang dikedepankan Kementerian Koperasi dan UKM RI dalam program Gemaskop adalah menjadikan lembaga koperasi yang terpercaya, kompetitif, efisien, dan profesional serta berpegang pada prinsip-prinsip dasar perkoperasian Indonesia. Adapun misi Gemaskop adalah mengembangkan organisasi dengan manajemen profesional, mengembangkan SDM pengelola, perkuatan struktur permodalan internal ataupun dari dari luar, kerja sama pengadaan produk dari sesama anggota dan membangun jaringan kerja sama secara lokal, domestik maupun global.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *