Berita / Event / Artikel

Kementerian Koperasi dan UKM Salurkan Bantuan Sembako di Desa Sidemen

Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri terima langsung kunjungan Menteri Koperasi dan UKM RI Bapak AA Puspayoga yang didamping Ketua WHDI Bali Ibu Bintang Puspayoga di Kab. Karangasem dalam acara Pemberian Bantuan 500 Paket Sembako bagi  Warga Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang disinkrunkan dalam menyambut HUT ke 29 WHDI Bali yang bertempat di Balai Masyarakat Banjar Dinas Tebola, Desa Sidemen, Kec. Sidemen Karangasem, Jumat (10/2).

Dalam kesempatan itu, Bupati Mas Sumatri menyampaikan, atas nama Pemerintah Kab. Karangasem dan seluruh masyarakat Karangasem, khususnya warga Desa se-Kec. Sidemen mengucapkan selamat datang kepada bapak Menteri, ibu Bintang dan Deputi Menteri serta hadirin di Kab. Karangasem,”Kami terharu, bangga dan senang desa kami masuk program serta mendapatkan bantuan sembako bagi warga Rumah Tangga sasaran (RTS),”ujarnya.

Mas Sumatri lanjut menyampaikan banyak terima kasih yang sedalam-dalamnya atas perhatiannya memberikan bantuan sembakao yang merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap masyarakat miskin. Selain itu mengupayakan terciptanya akses pasar produk Koperasi, Uaha Mikro dan Kecil serta memberikan kesempatan kepada Koperasi, Usaha Mikro, Kecil untuk memasarkan produknya dan meningkatkan penghasilan Koperasi, Usaha Mikro dan kecil itu sendiri sehingga terciptanya lapangan pekerjaan, sekaligus kemiskinan.

“Kabupaten Karangasem saat ini bergerak 333 unit koperasi dan 27.970 Usaha Mikro, kecil dan menengah serta 190 Lembaga Perkreditan Desa, jumlah Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Kabupaten Karangasem mencapai 4.929 KK. Kondisi tersebut tersebar di 8 Kecamatan se-Kabupaten Karangasem. Dan khusus di Kecamatan Sidemen terdapat sebanyak 1845 KK, yang tersebar di 10 desa, dari jumlah RTS yang ada di Kecamatan Sidemen ini hanya 500 KK yang beru dapat diberikan sembakao,”ungkapnya.

Mas Sumatri pun berharap agar kedepannya Kementerian Koperasi dan UKM RI lebih banyak lagi memberikan bantuan  seperti sekarang ini di Kab. Karangasem, mengingat masih banyak RTS di Karangasem yang membutuhkan bantuan dari pemerintah, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat,”Kami mohon agar lebih banyak diberikan program, mengingat masih banyak RTS di Karangasem yang memerlukan bantuan seperti ini pada desa dan kecamatan lainnya di Karangasem,”harapnya.

Dan kepada warga penerima bantuan,  Bupati menghimbau agar masyarakat RTS menerima dengan tulus dan rasa teriama kasih serta selalu bisa bersyukur kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa/ Tuhan yang Maha Esa terhadap bantuan dalam bentuk apapun yang diterima.

Ketua WHDI Bali Ibu Bintang Puspayoga dalam sambutannya menyampaikan semoga melalui kegiatan Program Bantuan Sembako dari Kementerian Koperasi dan UKM RI dapat meningkatkan penghasilan koperasi, usaha mikro kecil sehingga tercipta lapangan kerja sekaligus mengurangi kemiskinan khusunya di Kec. Sidemen dan Kab. Karangasem pada umumnya.”Semoga dihari jadinya WHDI Bali yang ke 29 ini, perempuan Bali pada umumnya dan perempuan Karangasem khususnya dapat menjadi perempuan yang madiri dan berdikari dalam mewujudkan Karangasem Cerdas, Bersih dan Bermartabat serta semoga Ibu Bupati Karangasem bisa menjadi inspirasi bagi wanita Hindu Bali lainnya dalam berkarya.

Akhir sambutan acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada RTS yang dilakukan Ibu Bintang Puspayoga disaksikan Bapak Menteri, Bupati Karangasem serta hadirin dan penyerahan cindera mata oleh Menteri Puspayoga yang diterima Bupati Karangasem.

Acara yang dimeriahkan pula dengan pameran produk kain endek dan hasil bumi Desa Sidemen dihadiri pula Deputi Menteri Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kadis Koperasi dan UKM Prov. Bali, Staf Ahli Bupati, Camat Sidemen, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, Kepala Perangkat daerah, Perbekel se-Kec. Sidemen, Ketua TP.PKK Kab.Karangasem, Ketua WHDI Kab.Karangasem, Para Pengurus Koperasi Kec. Selat dn Sidemen dan Masyarakat penerima Program bantuan Sembako. 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *